Kebijakan Program Pendidikan Gratis Di Sulsel Belum Maksimal PDF 

Makassar, 5 juni 2012.  
Kebijakan pemerintah Sulawesi selatan memberikan pendidikan gratis sejak 4 tahun terakhir dan hingga kini dinilai belum berjalan maksimal. Konsep pendidikan gratis untuk peningkatan kualitas pendidikan masih jauh dari kata berhasil.
Program pendidikan gratis yang digaungkan pemerintah propinsi sebagai jualan politik sejak empat tahun lalu hingga saat ini masih terus menuai sorotan. Kata gratis ternyata belum semuanya pendidikan di Sulawesi selatan di gratiskan sehingga menimbulkan multi tafsir di berbagai kalangan. Kebijakan pemerintah provinsi sulsel ini pun dinilai sebagai salah satu terobosan yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan hingga mengurangi tingginya tingkat anak putus sekolah di provisnsi ini.

Tidak bisa diungkiri kebijakan pendidikan gratis memang cukup membantu masyarat utamanya bagi mereka yang mengalami kesulitan biaya. Biaya pendidikan yang telah disubsidi oleh pemerintah membuat masyarakat bisa bernafas menutupi besarnya biaya pendidikan. Namun kehadiran pendidikan gratis masih saja menuai kontroversi. Bahkan pemkot Makassar yang beberapa waktu lalu terang-terangan menolak istilah pendidikan gratis dan mengubahnya menjadi pendidikan bersubsidi. Tidak hanya itu pendidikan gratis pun hingga kini dinilai hanya meningkatkan fasilititas pendiidkan dan kesejahtraan guru. Namun konsep awal untuk meningkatkan kualitas pendidikan masih jauh dari harapan.

Selain masalah kualitas pendidikan pemerintah juga semestinya tidak meratakan subsidi pendidikan di daerah. Hal ini mengingat tingkat kebutuhan dana pendidikan setiap daerah tentu berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah.hingga kini konsep pendidikan gratis menyerap dana hingga lima ratus milyar lebih selama lima tahun terakhir. Dengan konsep 40 persen dana dari pemerintah provinsi dan 60 persen dari dana pemerintah kabupaten kota.
Ekky.

Share
 
Joomla! Template design and develop by JoomVision.com - http://www.joomvision.com

Cosmetic by