Tahun 2013, Tarif Dasar Listrik Naik 15% PDF 

Makassar, 12 september 2012.
Pemerintah melalui menteri energi dan sumber daya mineral berencana menaikkan tarif dasar listrik sebesar 15 persen 2013 mendatang. Rencana ini menuai tanggapan dari pihak PLN wilayah sulawesi selatan yang menilai kebijakan tersebut merupakan keputusan yang harus ditaati.
Rencana pemerintah menaikkan tarif dasar listrik sebesar 15 persen pada tahun 2013 mendatang menuai tanggapan dari pihak PLN wilayah sulawesi selatan. Menurut deputi manajer hukum dan humas PLN wilayah sulawesi selatan barat dan tenggara muhammad yamin loleh rencana tersebut tidak dalam ranah PLN. Namun merupakan kebijakan pemerintah republik indonesia yang harus ditaati pt. PLN sebagai pengelola aset listrik negara.

Sebelumnya pemerintah melalui menteri energi dan sumber daya mineral berencana menaikkan tarif dasar listrik sebesar 15 persen yang akan dilakukan secara bertahap sejak awal 2013 mendatang. Dengan kenaikan ini maka tarif listrik yang semula sebesar 729 rupiah per kilo watt hour (kwh) meningkat menjadi 814 rupiah per kwh.

Namun kenaikan tarif ini tidak akan dirasakan oleh kelompok rumah tangga dengan daya listrik 450 watt dan 900 watt yang masih akan mendapatkan subsidi pemerintah seperti sebelumnya. Kenaikan ini dinilai pemerintah dapat menghemat anggaran negara sebesar 11 triliun rupiah. Hingga saat ini rencana tersebut masih dibahas dalam rapat kerja dpr bersama kementerian energi dan sumber daya energi dan akan diputuskan pada tanggal 17 september mendatang. Ama-rez.


Share
 
Joomla! Template design and develop by JoomVision.com - http://www.joomvision.com