News - Health

Pelayanan Kantor BPJS Kesehatan Di Sinjai Lambat

Selasa
2015-10-06
20:22:20
Penulis : Kyanzsup
Dibaca: 610 kali

#KompasSulsel, Sinjai. Pelayanan di kantor badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan kabupaten Sinjai sulawesi selatan dikeluhkan warga. Karena adanya peraturan BPJS kesehatan kolektif lembaga tersebut dinilai kurang siap mengantisipasi membludaknya warga yang datang mendaftar menjadi peserta BPJS kesehatan.

Kantor operasional badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan kabupaten Sinjai sulawesi selatan diserbu pegawai negeri sipil sejak sebulan terakhir. Mereka mengeluhkan pelayanan administrasi yang lambat akibat keterbatasan jumlah staf kantor BPJS.

Pegawai di kantor ini kewalahan melayani PNS yang datang dari sembilan wilayah kecamatan di Sinjai. Akibat banyaknya PNS yang datang security kantor BPJS pun terpaksa duduk melayani peserta. Lambatnya pelayanan juga membuat ratusan berkas peserta BPJS menumpuk.

Seorang PNS muhammad ali kesal karena sudah tiga kali bolak-balik ke kantor ini hanya untuk mendaftarkan anaknya sebagai peserta BPJS.

Muhammad ali - guru PNS mengatakan:
"...ini kedatangan saya sudah ketiga kalinya ini, nah kita ini kan punya tugas masing-masing, kapan kita ke sini terus tentunya tugas yang kita tinggalkan itu kan terbengkalai, tentunya saya selaku peserta berharap agar BPJS ini khususnya di pelayanan administrasi, sy lihat banyak berkas peserta yang hanya bertumpuk begitu..."

Pegawai kantor BPJS kesehatan Sinjai hanya beberapa orang saja sementara PNS yang mau dilayani jumlahnya mencapai ribuan orang. Sehingga PNS membutuhkan waktu berhari-hari untuk mendapatkan kartu BPJS.

Meski begitu kepala kantor operasional BPJS kesehatan Sinjai abu jabar mengatakan bahwa pelayanan di kantornya sudah sesuai standar operasional prosedur atau sop.

Abu jabbar - kepala BPJS kesehatan Sinjai mengatakan:
"...sebetulnya sudah standar, suda ada resume untuk pekerjaa, sebenarnya sudah cukup, cuma karena adanya tadi ini musiman, dihimbau semua PNS datang untuk memperbaharui datanya, ada salah nama, tanggal lahir, sehingga kelihatannya pelayanan agak terganggu, semuanya tidak bisa terlayani dengan cepat..."

Peserta BPJS kesehatan khusus PNS beserta keluarganya di kabupaten Sinjai kini berkisar 17 ribu orang. Sementara peserta mandiri atau non PNS yang terdaftar baru mencapai 1.176 jiwa.
Mu.salih-snj.


Comments via Facebook

Related News